Meningkatkan Kompetensi dan Relevansi Kurikulum Pendidikan Vokasi Melalui Kolaborasi Industri di Program Magang Dosen

Authors

  • Sonhaji Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Jaka Septian Kustanto Politeknik Pelayaran Surabaya

Keywords:

Pendidikan Vokasi, Digitalisasi, Kelistrikan Kapal, Kurikulum, Maritim

Abstract

Program magang di PT. Temas Shipping bertujuan untuk meningkatkan keterampilan di sektor maritim dan menyelaraskan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri. Tiga tujuan utama dari program ini adalah pengembangan sistem pelaporan suku cadang digital, peningkatan kompetensi dalam sistem kelistrikan kapal, dan modifikasi kurikulum pendidikan vokasi. Sistem pelaporan digital dirancang untuk meningkatkan pengawasan dan pelaporan penggunaan suku cadang melalui penerapan teknologi digital dan protokol pengawasan waktu nyata. Dalam ilmu kelistrikan laut, prinsip, masalah teknis, dan metode perawatan yang memenuhi standar industri utama telah dipelajari melalui praktik langsung. Modifikasi kurikulum mencakup penambahan operasi digital, kelistrikan laut, dan metode studi kasus dalam pengajaran untuk subjek yang lebih praktis. Tujuan utamanya adalah untuk merumuskan lulusan yang lebih relevan dengan kebutuhan tenaga kerja maritim. Hasil dari program ini menunjukkan perlunya kolaborasi antara komunitas akademik dan industri untuk meningkatkan praktik dan teknologi yang berorientasi pada pendidikan vokasi, dan pada saat yang sama menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif

Author Biographies

Sonhaji, Politeknik Pelayaran Surabaya

 

Jaka Septian Kustanto, Politeknik Pelayaran Surabaya

 

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Sonhaji, & Kustanto, J. S. (2025). Meningkatkan Kompetensi dan Relevansi Kurikulum Pendidikan Vokasi Melalui Kolaborasi Industri di Program Magang Dosen. Jurnal Sinergi Dan Pengabdian (JSP), 1(1). Retrieved from https://nusantarajournal.id/jsp/article/view/82

Most read articles by the same author(s)