Penguatan Kemampuan Sitasi dan Pengelolaan Referensi Melalui Penggunaan Mendeley bagi Mahasiswa Elektro Pelayaran
Keywords:
mendeley, referensi, literasi digital, sitasi, penelitianAbstract
Pelatihan Mendeley berhasil meningkatkan pemahaman, kenyamanan, dan penerimaan responden terhadap alat manajemen referensi digital. Sebelum pelatihan, pemahaman mayoritas responden terbatas pada fungsi dasar, dengan fitur spesifik seperti pembuatan bibliografi otomatis hanya dipahami oleh kurang dari 50%. Setelah pelatihan, 83% responden memahami fungsi utama Mendeley, dan 69,6% mampu menggunakan fitur tambahan, seperti menambahkan referensi otomatis dari database jurnal. Kenyamanan juga meningkat signifikan, dengan 43% responden merasa "cukup nyaman" dan 33% "sangat nyaman" menggunakan Mendeley. Mayoritas responden menyatakan bahwa Mendeley mempermudah pekerjaan penelitian mereka dan bersedia merekomendasikan alat ini kepada kolega. Hasil ini menunjukkan keberhasilan pelatihan dalam mengubah pola kerja manual ke digital, meningkatkan efisiensi, dan mendukung produktivitas penelitian. Intervensi semacam ini relevan untuk memperkuat literasi digital akademik dan mendukung integrasi teknologi dalam dunia penelitian





