Penguatan Kemampuan Sitasi dan Pengelolaan Referensi Melalui Penggunaan Mendeley bagi Mahasiswa Elektro Pelayaran

Authors

  • Natriya Faisal Rachman Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Wahyuni Oktavia Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Daniel Yust Rizal Maretta Politeknik Pelayaran Surabaya

Keywords:

mendeley, referensi, literasi digital, sitasi, penelitian

Abstract

Pelatihan Mendeley berhasil meningkatkan pemahaman, kenyamanan, dan penerimaan responden terhadap alat manajemen referensi digital. Sebelum pelatihan, pemahaman mayoritas responden terbatas pada fungsi dasar, dengan fitur spesifik seperti pembuatan bibliografi otomatis hanya dipahami oleh kurang dari 50%. Setelah pelatihan, 83% responden memahami fungsi utama Mendeley, dan 69,6% mampu menggunakan fitur tambahan, seperti menambahkan referensi otomatis dari database jurnal. Kenyamanan juga meningkat signifikan, dengan 43% responden merasa "cukup nyaman" dan 33% "sangat nyaman" menggunakan Mendeley. Mayoritas responden menyatakan bahwa Mendeley mempermudah pekerjaan penelitian mereka dan bersedia merekomendasikan alat ini kepada kolega. Hasil ini menunjukkan keberhasilan pelatihan dalam mengubah pola kerja manual ke digital, meningkatkan efisiensi, dan mendukung produktivitas penelitian. Intervensi semacam ini relevan untuk memperkuat literasi digital akademik dan mendukung integrasi teknologi dalam dunia penelitian

Author Biographies

Natriya Faisal Rachman, Politeknik Pelayaran Surabaya

 

Wahyuni Oktavia, Politeknik Pelayaran Surabaya

 

Daniel Yust Rizal Maretta, Politeknik Pelayaran Surabaya

 

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Rachman, N. F., Oktavia, W., & Maretta, D. Y. R. (2025). Penguatan Kemampuan Sitasi dan Pengelolaan Referensi Melalui Penggunaan Mendeley bagi Mahasiswa Elektro Pelayaran. Jurnal Sinergi Dan Pengabdian (JSP), 1(1). Retrieved from https://nusantarajournal.id/jsp/article/view/80